~ edelweis ~

man jadda wa jadda

HeartBurn!!

on September 21, 2011

Saat ini saya sedang mengandung 20 minggu dan beberapa hari yang lalu saya mengalami dehidrasi akibat terlalu seringnya muntah, juga pada saat yang bersamaan saya mengalami heartburn. karena terlalu banyak cairan yg keluar karena muntah (dari pagi – sore) walhasil saya dehidrasi dan perut sangat nyeri. setelah konsultasi dengan dokter kandungan saya, saya diminta segera ke IGD. Rasanya campur aduk,  takut, ngerasain nyeri perut, lemes karena dehidrasi, dan terlebih sedih karena suami lagi jauh disana 😦 😦 😦 hiks…. *maaasss pulaaaanggg!! (haha.. alay)

Singkat cerita, saya dinyatakan harus dirawat jika tidak akan membahayakan saya & janin (usia 20 minggu). Alhamdulillah Allah memberikan kesembuhan kepada kami berdua, besok siangnya udh berangsur pulih. Dokter bilang udah boleh pulang, dengan catatan harus banyak istirahat dan banyak minum/makan. Alhamdulillah, aku pulaaaang…..Horeeeeeeee!!

Penyebab
Ternyata eh ternyata penyebab terjadinya pirosis adalah karena meluapkan isi  lambung (asam klorida, pepsin dan makanan) dan isi usus dua belas jari ke arah kerongkongan. Prosesnya terjadi saat makanan bergerak secara perlahan dari usus halus dan lambung lalu ditekan oleh rahim. Saat rahim semakin membesar maka tekanan semakin ke atas, inilah yang membuat gejala semakin kuat terasa.

Pencegahan
Sebelum Bunda mengalami pirosis, lakukan upaya pencegahan berikut ini :
–    Hindari makan dan minum terlalu banyak sehingga berat badan tetap dalam kondisi normal. Sebaiknya tidak makan 3 jam sebelum tidur.
–    Tidurlah dalam posisi miring. Posisi tubuh yang rata merangsang terjadinya pirosis.

Pengobatan :
Mengobati pirosis tidak terlalu sulit, cukup berikan antasid dalam dosis tepat. Beberapa antasid dapat mengurangi gejala dan memberikan rasa lega. Namun, jika Bunda ragu mengenai dosis, efek samping dan hal lain tanyakan pada dokter terlebih dahulu.
Pada penderita yang lebih berat bisa sampai terjadi pendarahan dan sulit menelan.

sumber : curcol & www.infobunda.com

Leave a Reply

