~ edelweis ~

man jadda wa jadda

My Home

Bangunan rumah di korea rata2 seperti apartemen, karena harga tanah yg tinggi jd mereka membangunnya meluas ke atas bukan ke samping.

Jarang2 loh warga yg punya rumah sendiri. Kebanyakan mereka menyewa rumah. Untuk sewa rumah di sini pakai syarat uang jaminan segala rempong. Untuk tinggal di daerah kota seperti seoul ini, menyewa rumah dengan uang jaminan 2juta Won sangat langka bahkan hampir tidak ada.
Untuk yg ga pakai uang jaminan juga ada sih tp hanya cocok untuk tinggal sendiri kamar & dapur jadi satu.

Well, sebenernya mau posting gambanr pemandangan di belakang rumah saya. Tepatnya di balkon tempat jemuran hehe

20120812-100240.jpg

Persis di bogor kaki gunung rumah saya. Tapi klo lagi summer gini, udaranya puanaaass. Nanti klo fall datang waahh bakal dingin kayak di kulkas.

Advertisements
Leave a comment »

Summer sunshine (belajar puasa hari ke-4)

Tadi,mulai berpuasa lg..setelah 2hari tdk berpuasa karena kondisi drop. Entah kenapa kepala pusing dan muntah 4x haha hamil akumulasi masuk angin. Tadinya suamiku ada jadwal ujian hanguko dikampus, eh batal berangkat dan pending di esok harinya -Alhamdulillah ujiannya lancar-

Hari ini,tepatnya td siang berangkat ke sangwolgok utk silahturahim ke tempat teman yg mw back for goodPHd nya udh selesai jd perpisahan gtu deh. Rasanya haru bgt smp ada yg nangis 🙂 .

Sepanjang diperjalanan panaasss real feel mencapai 36• jd bnr2 terasa kering puasanya. Istiqomah akan niat berpuasa menunaikan kewajiban sbg muslim 🙂 acara selesai jam 5. Sampai di hapjong jam 6 udh hampiiiiirrr tepar, capek. Lanjut perjalanan -transit ke line 2- sampe sillim jam 6:45 & magrib jam 7:38 , masih ad waktu utk bkn santapan buka puasa & mkn malam.

Buat buka puasa pake roti bakar aja deh yg gampang. Makan mlm bikin tahu panggang & sayur sop telur puyuh. Semua selesai tepat adzan magrib. Denger adzan lgs minuuuuuum glek…glek…glek…merdeka Alhamdulillah lgs basah tenggorokannya hehe. Oia lanjut makan roti bakar & makan malam :). Bwt busui ayoo tetep semangat berpuasa jika mampu 🙂

Leave a comment »

Ramadhan di korea

Udah lama banget ga nulis disini. Selama ini cuma nulis dihati #ehem ehem

Yup, sejak tgl 12 mei ketibaan saya&anak di kota seoul, dlm rangka menyusul suami yg lg studi S2. Berarti udh 3bln saya di sini. Berkumpul bersama lagi….senang rasanya…Alhamdulillah. Walaupun hrs meninggalkan ortu tercinta di tanah air & meninggalkan pekerjaan.

Haidar…my little star…skrg 6bln. Sdh mulai Mpasi. Saya udh bisa mulai belajar puasa lg 🙂 walopun haidar udh Mpasi tapi dia masih ASI loh #nyusunya msh kuat . Jd klo udh sore berasa lemes bgt. Oia disini sahur jam 3am dan buka puasa jam 8pm. Ramadhan pas dgn summer jd siangnya lbh panjang dan udaranya sdh pasti hot panas.

Sekarang hari ke-3 saya belajar puasa. Semoga Allah mberi kmudahan #amiin.
Pernah suatu ketika di dalam subway seoul metro seorang nenek bilang “oii ngapain pke ginian #sambil megang jilbab saya, panass…lepas aja”
Saya cuma bisa bilang “ne…” #hanguko payah euy

20120801-124950.jpg

Leave a comment »

Eksperimen Part-2

hai hai ini nih resep cheese cake kukusnya…. *kok dikukus?? iya..hasilnya ga kalah sm yg dipanggang

Bahan A:
3 butir telur
100gr Gula pasir
1sdm TBM

Bahan B:
60gr tepung terigu
20gr Maizena
1sdt Garam
40gr Susu Bubuk

Bahan C:
250gr cream cheese (aku pakai merk yummy, soale ada tanda halalnya)
50gr Butter

Directions:
1. Kocok bahan A sampai mengembang
2. Masukan bahan B sedikit-sedikit dan aduk sampai rata
3. Kocok bahan C sampai halus lalu masukan ke adonan, aduk smp rata
4. Oleskan Loyang dgn mentega, masukan adonan ke dalam Loyang lalu kukus + 30menit
5. Setelah dingin, tambahkan topping diatasnya atau oleskan dgn selai strawberry jg mantap.
Selamat mencoba ^^

Leave a comment »

eksperimen

Assalamualaikum…

Lagi hamil tua gini 36w senengnya eksperimen di dapur..bawaan bayi x yaa 😀 berhubung lg bagus moodnya, aq coba buat kroket sm cheese cake. Alhamdulillah lariiiiss. malahan ibuku sang “super chef” drumah minta diajarin 😛

Kroket Mie Daging

bahan:

4 butir Telur

1 bungkus Mie Telur / 2 bungkus mie instan , redam dgn air smp lunak

250gr kentang dikukus lalu haluskan

1/4gr Daging cincang / Ayam / 1 kaleng Beef Cornet

150gr wortel, potong dadu kecil-kecil

4 siung bawang putih, cincang halus

8 siung bawang merah, cincang halus

250gr tepung roti

2 tangkai daun seledri

1 bungkus Royco rasa ayam

1/2 sdt lada

1  sdt gula

1/2 sdt garam

Minyak goreng secukupnya

How to:

a. tumis bawang merah & bawang putih smp harum, masukan daging/ayam. tambahkan seledri, royco, gula dan garam. aduk hingga rata.

b. campur kan mie, kentang, tumisan tadi dan tambahkan 2 butir telur. setelah tercampur rata, buat bentuk bulat lonjong.

c. kocok lepas 2 butir telur,lalu celupkan kroket ke dalam telur lalu guling2kan ke tepun roti.

d. goreng dengan api sedang hingga kuning kecokelatan.

Resep cheese cakenya nyusul yaa…. oia barusan bikin mie jawa juga, pas mantap dengan cuaca hujan begini 😉

Leave a comment »

HeartBurn!!

Saat ini saya sedang mengandung 20 minggu dan beberapa hari yang lalu saya mengalami dehidrasi akibat terlalu seringnya muntah, juga pada saat yang bersamaan saya mengalami heartburn. karena terlalu banyak cairan yg keluar karena muntah (dari pagi – sore) walhasil saya dehidrasi dan perut sangat nyeri. setelah konsultasi dengan dokter kandungan saya, saya diminta segera ke IGD. Rasanya campur aduk,  takut, ngerasain nyeri perut, lemes karena dehidrasi, dan terlebih sedih karena suami lagi jauh disana 😦 😦 😦 hiks…. *maaasss pulaaaanggg!! (haha.. alay)

Singkat cerita, saya dinyatakan harus dirawat jika tidak akan membahayakan saya & janin (usia 20 minggu). Alhamdulillah Allah memberikan kesembuhan kepada kami berdua, besok siangnya udh berangsur pulih. Dokter bilang udah boleh pulang, dengan catatan harus banyak istirahat dan banyak minum/makan. Alhamdulillah, aku pulaaaang…..Horeeeeeeee!!

Penyebab
Ternyata eh ternyata penyebab terjadinya pirosis adalah karena meluapkan isi  lambung (asam klorida, pepsin dan makanan) dan isi usus dua belas jari ke arah kerongkongan. Prosesnya terjadi saat makanan bergerak secara perlahan dari usus halus dan lambung lalu ditekan oleh rahim. Saat rahim semakin membesar maka tekanan semakin ke atas, inilah yang membuat gejala semakin kuat terasa.

Pencegahan
Sebelum Bunda mengalami pirosis, lakukan upaya pencegahan berikut ini :
–    Hindari makan dan minum terlalu banyak sehingga berat badan tetap dalam kondisi normal. Sebaiknya tidak makan 3 jam sebelum tidur.
–    Tidurlah dalam posisi miring. Posisi tubuh yang rata merangsang terjadinya pirosis.

Pengobatan :
Mengobati pirosis tidak terlalu sulit, cukup berikan antasid dalam dosis tepat. Beberapa antasid dapat mengurangi gejala dan memberikan rasa lega. Namun, jika Bunda ragu mengenai dosis, efek samping dan hal lain tanyakan pada dokter terlebih dahulu.
Pada penderita yang lebih berat bisa sampai terjadi pendarahan dan sulit menelan.

sumber : curcol & www.infobunda.com

Leave a comment »

Permohonan Passpor Online

Dulu ga pernah kepikir mau bikin passpor…eh sekarang ini harus bikin passpor demi nyusul suami ke korea hehe…

Buat yg mw bikin passpor, jangan mau pake jasa calo *muahaalll passpor 48hal 600rb jadinya 2 minggu, klo mw cepet 800rb. bikin sendiri cuman 267rb rupiah aja 4hari kerja udah jadi.

berikut langkah buat passpor secara online :

1 . Klik URL ini http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

Lho kok ga muncul apa-apa, cuma halaman kosong??? Nah looo… :))

Ada triknya ternyata, nih aku kasih bocorannya :

  • 1. yang harus diperhatikan, jangan pakai IP sharing (ccproxy ato sejenis lainnya), lgs pake modem aja atau punya IP address sendiri
  • 2. Pop-up blocker dimatikan ya teman2. biasanya kan suka muncul tuh dibawah URL sebuah halaman yg dituju. Caranya (saya menggunakan browser Mozilla)  klik tab Tools >> Options>>Content lalu un-check pada pilihan Block pop-up windows

2. Isi data-data pada kolom yang udah disediakan. jangan lupa saat mengisi kolom KANIM, jgn sampai kamu isi wilayah jaktim tapi kamu malah dateng ke imigrasi jakpus. Dapat dipastikan bakal disuruh pulang lg hehe

3. Semua data-data yang sudah di-scan (ktp, kk, akte lahir/buku nikah/ijazah, Surat rekomendasi), di upload. Inget!! harus tipe filenya .JPG, kurang dari 300kb dan harus grayscale. klo ga nurut dijamin gagal upload hehe

4. Setelah upload-upload, kamu print bukti pra permohonan yg otomatis muncul setelah sukses pendaftaran.

5.  Datang ke kantor imigrasi sesuai isian KANIM yg sebelumnya kamu pilih, dtg pagi2 yaaa..antrian panjang soalnya. Kantor imigrasi buka jam 8.00 pagi. Jangan lupa bawa Pulpen Hitam bwt ngisi formulir dan semua dokumen asli dan copy nya. Untuk KTP di copy dalam kertas A4, jangan dipotong biarin aja lebar gitu.

6. Beli formulir sebelum naik ke lt.2 (validasi data) siapin uang 12ribu (Map + formulir + materai). Isi formulir tersebut. lalu langsung ke Loket 5 (loket internet) untuk validasi data. Nanti dikasih struk buat pembayaran, foto & wawancara. Klo datengnya pagian, bisa foto & wawancara hari itu juga.

7. Datang ke loket 7 buat bayar, serahin struknya 200rb buat passpor 48hal + 55rb buat foto. Nanti dikasih nomor untuk antri foto & wawancara.

8. Buat yang pakai jilbab jangan pakai jilbab putih coz nti background fotonya warna putih. Lalu Foto dan pengambilan sidik jari. Lalu tunggu dipanggil untuk wawancara. Wawancara basa-basi aja sebenernya cuman 5 menit aja. *sabar yaa klo diselak sama titipan calo hehe.  Saat wawancara, bawa semua berkas asli karena akan divalidasi lagi.  setelah dinilai oke sm si pe-wawancara, dia akan tanda tangan di formulir kita. Alhamdulillaaaaaaaaaahhhh passpor kita udah disetujui :)) lalu kita diminta tanda tangan dipasspor kita. Setelah itu pulang dan kembali setelah 4 hari kerja (D+4)  setelah wawancara. Jadi klo dateng senin, kamu balik lg hari jumat.

9. Pengambilan passpor,  ambilnya di loket pengambilan passpor  *yaeyalaaah :p nanti kamu di minta utk fotocopy bagian depan dan belakang passpor. Setelah itu…..selamat passpor kamu udah jadi!!!

2 Comments »

Karena hati adalah urusan Allah

sweetest moment   Sebuah perhelatan sakral telah berlalu kurang lebih 2 minggu yang lalu. Ya, sebuah     pernikahan antara saya dan suami. Semoga Allah merahmati kami dengan pernikahan ini. Semoga keberkahan selalu tercurah  kepada semua keluarga,  saudara, sahabat dan teman-teman. Terima Kasih atas doa restunya.

Karena hati adalah urusan Allah, biarlah Allah yang menjaga hati kami berdua dan menautkan hati kami karena Nya. Semoga Allah memelihara cinta kami, aku titipkan cinta ini kepada Mu untuk suamiku. Ana Ukhibukkum Fillah

2 Comments »

Untuk sahabat

Dear sahabat,

Aq mengenalmu tanpa sengaja
Mencoba akrab denganmu
Menjalani persahabatan yang indah
Saling melengkapi satu sama lain
Bersatu dalam ikatan persaudaraan

Kelak, suatu saat jika kita sudah memiliki kehidupan masing2 ..aq akan ceritakan kepada anak ku, bahwa aq bahagia memiliki sahabat seperti mu…

*jangan sampai kehilangan kesempatan untuk membuat hati seseorang merasa berharga. Sungguh, ketulusan hati tidak akan pernah tergantikan dengan apapun.

Posted from WordPress for Android

2 Comments »

Cinta tak Harus Memiliki

Kisah 1:

Lelaki ini adalah think tank di dalam Perang Khandaq.  Di Madinah, seorang muslimah telah mengambil hatinya…

Bukan sebagai kekasih..tetapi sebagai pilihan hati.  Pilihan menurut perasaan yang halus dan suci..pilihan untuk dinikahinya.

Tetapi Madinah adalah tempat yang asing baginya.  Madinah memiliki adat, bahasa, dan wajah-wajah yang belum begitu dikenalinya.  Pemuda itu berfikir, melamar seorang gadis tempatan tentu menjadi urusan yang pelik bagi seorang pendatang.

Mestilah perlu ada seorang yang akrab dengan tradisi di Madinah berbicara untuknya dalam khithbah…

Maka pemuda ini menyampaikan isi hatinya kepada sahabat Ansar yang dipersaudarakan kepadanya, Abu Dharda’.

“Subhanallah, walhamdulillah ..”, girang Abu Dharda’ mendengarnya.

Maka setelah dilakukan segala persiapan, beriringanlah kedua sahabat itu menuju ke sebuah rumah di penjuru kota Madinah.

Rumah seorang wanita yang solehah lagi bertaqwa.

“Saya adalah Abu Dharda’ dan ini adalah saudara saya, Salman seorang Parsi.  Allah telah memuliakannya dengan Islam dan dia juga telah memuliakan Islam dengan amal dan jihadnya.  Dia memiliki kedudukan yang utama di sisi Rasulullah SAW, sehingga baginda menyebut beliau sebagai ahli baitnya.  Saya datang untuk mewakilisaudara saya ini melamar puteri anda untuk disunting”, fasih Abu Dharda’ menutur bicaranya.

“Adalah satu penghormatan bagi kami menerima anda berdua, sahabat Rasulullah yang mulia.  Dan adalah penghormatan bagi keluarga ini bermenantukan seorang sahabat Rasulullah yang utama.  Akan tetapi hak menerima ini sepenuhnya saya serahkan pada puteri kami”.  Tuan rumah memberi isyarat kea rah hijab yang di belakangnya sang puteri menanti dengan penuh debaran.

“Maafkan kami kerana terpaksa berterus terang”, kata suara lembut itu.  Ternyata sang ibu yang berbicara mewakili puterinya.  “Tetapi kerana anda berdua yang datang, maka dengan mengharap redha Allah saya menjawab bahawa puteri kami menolak pinangan Salman.  Namun jika Abu Dharda’ juga memiliki urusan yang sama, maka puteri kami telah menerima pinangan itu.”

Jelas sekali.  Sikap terus terang yang begitu mengejutkan, ironi dan indah! Sang puteri lebih tertarik kepada pengantar daripada pelamarnya!

Ya, memang mengejutkan dan ironi.  Apa yang indahnya?? Yang indahnya adalah reaksi Salman.  Bayagkan sebuah perasaan, di mana cinta dan persaudaraan bergejolak berebut tempat di dalam hati.

“Allahu Akbar!!” seru Salman.  “Semua mahar dan nafkah yang telah ku sediakan akan aku serahkan kepada Abu Dharda’, dan aku akan menjadi saksi pernikahan kalian!”

Cinta memang tak harus memiliki…

Kisah 2:

Lelaki ini adalah sebaik-baik raja.  Pemerintah selepas Khalifah Ali bin Abu Talib…
Hatinya bergetar dan ia tahu dia telah jatuh cinta.. Pada seorang muslimah solehah, iaitu rakyatnya sendiri

Tiada ada yang istimewa pada wanita itu dari segi kecantikannya. Namun itu lah yang membuatnya jatuh cinta.

Maka dengan kekuasaanya ia menikahi wanita itu…

Tapi dia tidak tahu yang dia tak pernah mampu menikahi hati wanita itu.

Wanita itu telah melatakan hatinya pada pemuda desanya….

Hingga di keheningan malam di 1/3 terakhir, terdengarlah olehnya bait-bait puisi dalam lantunan doa…. Tentang kerinduannya pada pemuda desa itu…

Dia sedar. Ini adalah deklarasi jiwa isterinya. “Aku Tak Mencintaimu”

Maka dengan berat hati. Dia menceraikan isterinya.

Lelaki ini adalah Muawiyyah bin Abu Sufyan. Duta pertama dari Rasulullah SAW yang datang dan melaporkan keadaan Kepulauan Nusantara kepada Nabi SAW

Cinta memang tak harus memiliki…

Kisah 3:

Lelaki ini adalah ideologi Ikhwanul Muslimin. Orang nombor dua yang sangat berpengaruh setelah Hasan Al-Banna, pada harakah itu..

Ia adalah lelaki soleh. Dulu dia pernah jatuh cinta pada gadis desanya. Namun gadis desa itu menikah.. 3 tahun setelah lelaki ini pergi belajar ke luar negeri untuk belajar. Hal ini membuat ia sedih namun ia tidak mahu larut dalam kesedihannya.

Kisah cintanya mulai dari awal lagi. Ia kemudian jatuh hati pada wanita Cairo. Meskipun tidak terlalu cantik, ia tertarik pada gelombang unik yang keluar dari sorot mata wanita tersebut.

Tapi pengakuan bahawa gadis tersebut pernah menjalin cinta dengan lelaki lain, membuat runtuh cinta lelaki ini.

Ia hanya ingin wanita yang benar-benar perawan, baik fizikal mahupun hatinya. Akhirnya ia membatalkan niatnya menikahi gadis tersebut. Hal ini membuat lelaki itu sedih cukup lama….

Sampai kemudian ia putuskan untuk menerima kembali wanita tersebut. Namun apa yang terjadi? Ditolak. Inilah yang kemudian membuat lelaki itu menulis roman-roman kesedihannya.

Yang luar biasa adalah, lelaki ini sedar dirinya berada dalam alam realiti. Bukan dalam dunia ideal yang indah dan ideal.

Kalau cinta tidak mahu menerimanya, biarlah ia mencari sumber kekuatan lain yang lebih hebat dari cinta. “Allah”.

Kekuatan itulah yang kemudian membawanya ke penjara selama 15 tahun. Menulis karya agungya Tafsir “Fi Zilaalil Qur’an”

Dan syahid di tiang gantungan. Sendiri!!! Tidak ada air mata, tidak ada kecupan, tidak ada sentuhan wanita. Benar-benar sendirian!!

Lelaki ini adalah Sayyid Qutb.

Lelaki yang Allah Maha Tahu… Bahawa dirinya lebih dihajatkan langit… Daripada wanita bumi….

Cinta memang tak harus memiliki…

Kisah 4:

Lelaki ini adalah Khalifah ke empat, setelah Usman bin Affan…
Dia memandang seorang budak perempuan. Di pelataran rumah seorang sahabatnya…
‘Aisyah binti Thalhah, nama gadis itu…
Maka teringatlah kembali kenangan tentang sahabatnya itu ….Thalhah..

Thalhah lah lelaki yang mengatakan pada perang Uhud..
“Khudz bidaamii hadzal yauum, hattaa tardhaa…”.“ Ya Allah, ambil darahku hari ini sekehendakMu hingga Engkau redha.” Tombak, pedang, dan panah yang menyerpih tubuh dibiarkannya, dipeluknya badan sang Nabi seolah tak rela seujung bulu pun terkena.

Tapi ia juga yang membuat Arasy Allah bergetar dengan perkataannya. Maka Allah menurunkan firmanNya kepada Sang Nabi dalam ayat 53 surat Al Ahzab.

Ini di sebabkan ketika Thalhah berbincang dengan ‘Aisyah, isteri sang Nabi, yang masih terhitung sepupunya.

Rasulullah datang, dan wajah beliau seperti tidak suka. Dengan isyarat, baginda SAW meminta ‘Aisyah masuk ke dalam bilik.

Wajah Thalhah merah. Ia undur diri bersama gumam dalam hati, “Beliau melarangku berbincang dengan ‘Aisyah. Tunggu saja, jika beliau telah diwafatkan Allah, takkan kubiarkan orang lain mendahuluiku melamar ‘Aisyah.”

Maka bergetarlah langit..
“Dan apabila kalian meminta suatu hajat kepada isteri Nabi itu, maka mintalah pada mereka dari balik hijab. Demikian itu lebih suci bagi hati kalian dan hati mereka. Kalian tiada boleh menyakiti Rasulullah dan tidak boleh menikahi isteri-isterinya sesudah wafatnya selama-lamanya.”
(QS Al Azhab 53)

Ketika ayat itu dibacakan padanya, Thalhah menangis. Dia lalu memerdekakan hambanya, menyumbangkan 10 untanya untuk jalan Allah, dan menunaikan haji dengan berjalan kaki sebagai taubat dari ucapannya.

Kelak, tetap dengan penuh cinta dinamainya putri kecil yang disayanginya dengan nama ‘Aisyah.
‘Aisyah binti Thalhah. Wanita jelita yang kelak menjadi permata zamannya dengan kecantikan, kecerdasan, dan kecemerlangannya. Persis seperti ‘Aisyah binti Abu Bakar yang pernah dicintai Thalhah.

Cinta memang tak harus memiliki…

Pada Salman..
Pada Mu’awiyyah
Pada Sayyid Qutb

Pada Thalhah

Kita belajar bahawa cinta itu harus diletakkan di tangan, bukan di hati kerana sebelum akad diucapkan, tidak ada hak pada dirimu akan wanita yang engkau cintai itu…..!!

Engkau hanya punya doa dan ikhtiar. Selanjutnya biarlah Allah yang menentukan akhir kisah kita…..

Tiada air mata untuk mengenang kegagalan cinta mereka..

Yang ada hanyalah air mata dalam doa-doa mereka. Semoga Allah memberikan gantinya yang lebih baik.. Lebih dari segala-galanya. .Dibanding wanita itu…..

3 Comments »